Adu Ayam Jago - Ayam bangkok sangat dikenal sebagai ayam petarung yang tangguh. Selain dari ukuran tubuh nya, ayam ini memiliki teknik - teknik bertarung yang berkualitas. Jenis Ayam yang satu ini merupakan yang paling favorit di kalangan para pesabung ayam / bebotoh.

Adu Ayam Jago ~ Pentingnya Jalu Tajam Pada Ayam Bangkok

Taji ayam atau yang kerap di sebut jalu merupakan salah satu senjata yang ada pada ayam jantan. Jalu digunakan untuk memukul lawan atau memukul benda yang ia rasa dapat membahayakan dirinya. Pada ayam yang merupakan tipe pertarung tentu saja jalu merupakan hal yang penting untuk diperhatikan.

Ciri-ciri dari ayam yang akan tumbuh jalu biasanya akan tumbuhnya benjolan dan kelak dewasa akan muncul jalu. Namun untuk mendapatkan jalu yang baik  kembali pada genetika dan perawatan ayam itu sendiri. Karena hanya ayam petarung pertarung unggulan yang memiliki jalu yang panjang dan runcing.

Sebagai ayam aduan, ayam bangkok membutuhkan pemeliharaan dan perawatan jalu yang baik. Walaupun memiliki genetika yang baik dalam jalu namun tanpa perawatan jalu akan tumbuh cacat.
Jika dalam pemeliharaan dan perawatan tersebut salah, akan terlihat ke cacatan yang akan ditimbulkan.

Cacat jalu pada ayam bangkok ini seperti arah jalu yang tumbuh tidak sesuai dengan seharusnya, Jalu kurang keras, ujung jalu kurang runcing dan lain sebagainya.

Jika di teliti secara biologis jalu ayam aduan memiliki 2 lapisan yaitu lapisan luar yang tulang tulangnya bersifat keras dan lapisan dalam yang bersifat lunak. Setelah usia ayam bangkok mencapai tahap yang layak di ajak beradu, jalu dapat dibentuk dan diarahkan sesuai dengan perawatan dan pemeliharaan.


Adu Ayam Jago ~ Cara Menumbuhkan Jalu Tajam Pada Ayam Bangkok

Cara-cara yang dapat dilakukan untuk mempercepat tumbuhnya jalu/taji adalah sebagai berikut :

  1. Ketika umur ayam aduan berumur sekitar 5 atau 6 bulan, bakalan jalu dikupas kemudian dibersihkan pinggiran jalu tersebut dengan amplas agar pertumbuhan jalu tidak terhambat.
  2. Mencorek dengan kuku pada pangkal jalu dan arahkan sesuai dengan keinginan kemudian diolesi dengan menggunakan mentega, sehingga jalu akan cepat tumbuh dan lebih besar.
  3. Melakukan pemberian belimbing wuluh pada batang atau pangkal jalu yang berfungsi sebagai perangsang pertumbuhan jalu supaya lebih cepat tumbuh.
  4. Memberikan bawang putih atau kunir agar jalu semakin padat, kuat, keras, dan kokoh.
  5. Pengampelasan jalu hendaknya dilakukan secara berkala dan dikontrol terus menerus agar arah tumbuhnya sesuai dengan apa yang kita harapkan, 
Sekain Informasi kami kali ini sampai jumpa pada kesempatan berikutnya

Point Penting Lainnya :


No comments:

Post a Comment