Adu Ayam Jago -  Penyakit Bubul adalah jenis penyakit yang sering menjangkit ayam terutama pada ayam aduan. Penyakit ini di sebabkan oleh bakteri yang masuk kedalam luka. Umumnya bakteri tersebut masuk pada bagian kaki ayam aduan.
Bakteri - bakteri tersebut masuk ke kaki ayam aduan anda melalui kotoran ayam itu sendiri. dengan kata lain penyakit ini dapat terjadi  karena keteledoran dari sang majikan atau pemilik dari sang ayam aduan.

Adu Ayam Jago - Proses Terjadinya Penyakit Bubul Pada Kaki Ayam

Biasanya setelah sabung ayam ( adu ayam ) selesai pasti terjadi luka pada ayam baik yang kalah maupun yang menang. Pada umumnya luka setelah pertempuran kedua ayam terdapat di bagian kepala, badan dan telapak kaki ayam. Penyebab Penyakit Bubulan ini biasanya keteledoran sang majikan yang hanya mengobati luka pada bagian kepala dan badan saja namun tidak pada bagian kakinya.
Ketika di kembali kan ke kandang, kaki ayam aduan yang masih dalam keadaan terluka terijak kotoran sendiri. Akhirnya bakteri masuk ke dalam luka pada kaki ayam tersebut dan terjadilah bubul ini.

Penyakit Bubul sebenarnya bukanlah karena terinfeksi bakteri, akan tetapi bakteri dan sel darah putih yang sudah mati. Bakteri yang masuk kedalam telapak kaki ayam ini secara langsung akan dilawan oleh sel darah putih. Akibat perlawanan sel darah putih tadi bakteri akan kalah dan berubah jadi nanah yang pada akhirnya mengeras berubah seperti keju atau nasi putih tertutup didalam kulit.
Bubul akan tampak seperti benjolan baik besar mau pun tidak pada bagian telapak kaki ayam. Jika tidak diobati bubul dapat menyebabkan ayam menjadi lumpuh atau bahkan harus diamputasi kaki nya.
Untuk pengobatan bubul, anda harus menyiapkan peralatan - peralatan sebagai berikut :
  • Pisau / Silet
  • Betadine
  • Alkohol
  • Perban
  • Kapas
  • Jarum
  • Benang

Adu Ayam Jago ~  Langkah – Langkah mengeluarkan Penyakit Bubul Pada Ayam Aduan :

Penyakit Bubul
  1. Ayam kaki bubulan dipegang pembantu dengan cara kaki terbalik menghadap keatas. Kemudian kaki ayam yang infeksi bubulan dibersihkan dengan alkohol.
  2. Iris benjolan bubul menyilang (seperti huruf X) dengan silet baru.  Setelah itu tekan nanah sampai keluar semua. Diusahakan sampai bersih, Bila ada sedikit darah, bersihkan dengan kapas agar nanah terlihat dan dapat bersih sepenuhnya.
  3. Setelah mengeluarkan nanah sampai bersih, olesi bekas sayatan dan luka operasi dengan betadine. Bila bekas sayatan cukup lebar karena benjolan bubul cukup besar, jahit luka dengan benang dan jarum sampai luka menutup.
  4. Olesi kembali luka luar bekas jahitan dengan benang. Kemudian bekas kaki yang luka ditutup dengan perban secara kuat agar tidak terlepas sewaktu ayam di lepas.
  5. Biarkan luka tertutup perban selama 1 (satu) minggu, kemudian dibuka dan diperiksa, dalam satu minggu luka sudah menutup, tetapi bekas luka harus diolesi betadine dan diperban kembali. Lakukan secara rutin sampai bekas luka menutup ,mengering dan sembuh.



Point Penting Lainnya :

    No comments:

    Post a Comment