Adu Ayam Jago ~ Tips Memilih Ayam Aduan Berkualitas Bagi Pemula. Bagi Pemula sangatlah penting untuk mengetahui bagaimana cara memilih Ayam Aduan yang berkualitas. Lain dengan yang sudah berpengalaman, hanya dengan melirik saja, mereka sudah tau mana yang bagus untuk di ambil.
Untuk dapat memilih ayam aduan yang berkualitas, tidaklah mudah buat kaum pemula, anda harus mengetahui poin-poin penting dalam memilihnya.
Oleh karena itu sebelum membeli/memilih ayam aduan ada baiknya anda mempelajari ciri fisik ayam aduan yang selalu menang di Arena Sabung Ayam. Berikut adalah Ciri Fisik Ayam Aduan Berkualitas yang bisa di berikan Adu Ayam Jago untuk anda.

Adu Ayam Jago ~ Berikut adalah Tips memilih Ayam aduan Berkualitas Bagi Pemula

1. Untuk Ayam Bangkok bagian kepalanya besar dan mirip dengan buah pinang (Bulat Panjang).
Ayam bangkok dengan ciri seperti itu akan tahan pukul, sulit dipatok dan tak asal menyerang lawannya. Jika bentuk kepala ayam bangkok terlalu bulat biasanya ayam tersebut bodoh, mudah di patok dan menyerang lawan dengan asal-asalan.
Bagian kelopak mata ayam bangkok haruslah menjorok kedalam agar bagian matanya tidak akan mudah terluka dari pukulan lawan. Bagian Bola mata harus bersih jernih tidak ada bercak hitam. Semakin kecil bintik hitam di mata ayam, maka itu menandakan ayam memiliki sensitifitas yang bagus terhadap serangan lawannya.

2. Jengger Ayam semakin ke belakang, semakin tinggi dan tebal.
jika Jengger Ayam memiliki ciri-ciri seperti diatas, maka itu menandakan ayam Aduan tersebut memiliki mental yang sangat bagus. Sebaliknya jika Jengger Ayam terlihat lebih tebal di depan dan semakin kebelakang semakin kecil, maka ayam tersebut memiliki mental yang buruk jika berharapan dengan ayam lawan.

3. Bentuk paruhnya Keras dan melengkung menyerupai paruh Elang.
Memiliki Paruh yang kuat dan tak mudah patah akan sangat bagus dalam mematuk dan menjewer lawannya. Apalagi jika paruh ayam tersebut menyerupai paruh Elang maka paruhnya akan semakin kuat dan memiliki Akurasi patukan yang sempurna. Paruh yang memiliki Corak garis hitam mendapatkan poin lebih.

4. Leher yang berbentuk huruf r.
Leher seperti itu menunjukkan ayam memiliki kontrol yang lebih baik dan tidak akan mudah terkena pukulan lawan atau akan dengan mudah mengunci Ayam lawan. Jangan sekali-sekali memilih Ayam dengan leher berbentuk Angka 2 karena Ini memiliki kelemahan lebih mudah terkena pukulan di bagian leher karena lebih menonjol.

5. Bentuk dada ayam bidang dan tegap.
Pilihlah ayam aduan yang memiliki potur tubuh yang bidang dan tegap karena itu menandakan ayam memiliki tubuh yang kuat dan terlatih sehingga sulit ditumbangkan ayam lawan. Ayam tersebut pasti akan memiliki Pukulan yang lebih kuat dari ayam aduan kebanyakan. Jangan memilih Ayam Aduan yang memiliki badan yang lebar karena akan menjadi sasaran empuk bagi ayam lawan.

6. Memiliki Kepakan sayap yang rapat, panjang dan tidak turun ke bawah.
Dengan bentuk sayap ayam aduan seperti diatas, ini menunjukkan ayam memiliki kontrol yang sangat baik dalam menghindari pukulan lawan. Jika diraba di bagian tulang sayap akan terasa tebal serta jika sayapnya di tarik seperti terasa melawan. Pilih ayam yang dibagian ujung sayapnya terdapat sedikit bulu berwarna putih.

7. Tulang Dada Panjang dan terasa tebal ketika di raba.
Dengan ciri tulang dada seperti diatas, maka ayam tersebut biasanya memiliki nafas dan stamina yang lebih lama dibanding ayam aduan lainnya. Plus jika Tulang dada terasa tebal maka ayam juga memiliki ketahanan yang lebih kuat dari pukulan ayam lawan.

8. Memiliki Pangkal Ekor yang besar, rapat dan keras.
Cara untuk mengetahui ayam aduan memiliki pangkal ekor yan besar, rapat dan keras adalah dengan meraba bagian sambunAdu Ayam Jagogan antara pangkal ekor ayam dengan badan. Semakin rapat sambungan makan akan semakin bagus bagi ayam dalam menjaga keseimbangan seperti pada saat melompat, menghindar, membalikkan badan ataupun melakukan serangan balasan.

9. Bagian Ekor Lurus, menguncup, memanjang dan mengarah ke bawah.
Jika ayam memiliki ciri ekor seperti diatas, itu menunjukkan ayam mampu bergerak lebih lincah dari ayam lainnya. Jika terdapat 2 bulu ekor yang lebih panjang dari bulu lainnya di bagian tengah ini menjadi nilai tambahan dan merupakan salah satu katurangan.

10. Bagian paha berbentuk gepeng (tidak bulat).
Bentuk paha terlihat lebih lebar dibandingkan jika dilihat dari depan. Itu menunjukkan Ayam memiliki badan yang fleksibel dalam melakukan gerakan atau melayangkan pukulan yang mebuat lawan sulit menebaknya.

11. Tengkuk kaki ayam memiliki bentuk siku.
Ciri tengkuk kaki ayam seperti diatas akan membuat ayam memiliki daya lompatan dan pukulan yang sangat kuat.

12. Bagian kaki besarnya seimbang dengan ukuran badan
Memiliki ukuran yang tak terlalu besar ataupun terlalu kecil. Ukuran Jalu seimbang antara kanan dan kiri, cari yang posisi jalunya sejajar dengan jari kaki di bagian belakang. Untuk Ayam tipe pukul pilihlah jalu double dengan tojolan jalu yang besar dan tidak terlalu panjang. Model kakinya boleh berbentuk bulat atau belimbing, yang penting pilih yang keras dan kering.
Pada saat ayam diangkat, posisi kaki serta jari akan jatuh kebawah (tidak menggantung). Cari sisik kaki yang alurnya rapi, yang terbaik bila sisik pada kaki ayam melingkar tepat di balik jalu, yang biasa disebut dengan Naga Mangsa. Adapun sisik kaki mirip kulit salah dan lebih dari 2 ruas disebut Naga Banda dan jika sisik dibagian belakang menghadap kebawah disebut Naga Temurun.

13. Pilih Jari yang kecil dan panjang (MERIT)
Semakin ujung semakin meruncing. Lebih baik lagi jika Ayam aduan memiliki sisik jari yang pecah pada bagian ujungnya yang disebut dengan Tanjung Karang. Pukulannya bisa menyakiti lawan.
Demikian Tips memilih Ayam aduan yang berkualitas untuk pemula yang ingin memilih ayam pertamanya. Semoga artikel ini dapat membantu anda berhasil menemukan ayam aduan idaman anda, salam satu hobi..!!

Point Penting Lainnya :


No comments:

Post a Comment