Dalam sabung ayam ( adu ayam ) ayam yang lebin dahulu menyerang akan memberikan potensi menang yang lebih besar.  Dengan kata lain ayam yang lebih agresif akan cenderung lebih besar kemungkinan menangnya.

Ayam yang agresif bukan Hanya sekedar memberikan keuntungan dari segi penyerangan saja. Ayam yang agresif berarti memiliki mental yang kuat. Dalam hal pertahanan, mental merupakan hal yang harus dijaga. Prihalnya jika mental tidak kuat ayam bisa lari dari pertarungan dalam sekali serang.
Hal - Hal yang perlu anda lakukan dalam membangun ayam yang memiliki mental kuat adalah sebagai berikut.

Adu Ayam Jago - Pilihlah ayam yang berasal dari keturunan yang bagus 

Dari Indukan yang baik maka akan tercipta pula ayam yang baik. Agar ayam jago ( ayam aduan ) lebih mudah dijadikan agresif di butuhkan ayam-ayam yang garis keturunannya bagus hasil persilangan yang bagus dan lahir dari induk yang berkualitas.
Induk ayam aduan sebaiknya jangan di ambil dari ayam yang sudah pernah kalah dalam pertarungan bagi yang jantan, dan bagi yang betina harus di pilih yang unggul dan tidah pernah diserang penyakit apapun.

Adu Ayam Jago - Pilihlah Anak Ayam Yang Memiliki Potensi Yang Baik 

Setelah di lihat dari keturunan induk ayam yang bagus barulah anda melirik anakan ayam yang bagus dari hasil persilangan tersebut. Biasanya anakan yang agresif dapat kita lihat disaat ayam berusia sekitar 3 bulan. Ayam yang agresif mempunya postur tubuh yang tegap dari kecil dan suka bertarung-tarung sesama anakan-anakan lainnya.

Adu Ayam Jago - Jangan memberikan latihan yang berlebihan

Untuk ayam aduan yang mesih dibawah umur, berikan sedikit latihan fisik sekitar 5 menit perharinya.  Tujuan nya agar ayam jago ( ayam aduan ) anda Terbentuk fisiknya. Untuk latihan Sparing anda dapat mengunakan cara memberi pakan ayam yang di gantung agak tinggi namun masih terjangkau disaat ayam mau makan. Tujannya agar anak - anak ayam bersaing merebut makanan.

Adu Ayam Jago - Berikan pakan dengan komposisi yang sesuai dengan usia ayam

di umur 3 bulan, anda sebaiknya memberikan pakan yang berprotein tinggi misalnya beras merah, jagung dll.
sesekali berikan sisa - sisa potongan ikan laut atau ikan air tawar yang masih segar dan jangan di cuci. Biarkan daging ikan bercampur dengan darah - darah.

Adu Ayam Jago - Berikan latihan sepesial jika ayam telah menginjak usia 6 bulan

Di usia 6 bulan ayam sudah tumbuh dewasa.  Agar ayam anda dapat menang dalam bertarung berilah latihan latihan khusus yang sesuai dengan potensi ayam. Bukan tidak boleh dilakukan namun dengan melatih sesuai potensi ayam akan lebih müdah nutuk menjadi kuat. Selain latihan yang sesuai potensi penyerangan anda juga harus melatih nafas (stamina) ayam aduan anda.

Adu Ayam Jago - Mandikan ayam dalam waktu berkala

Biasakan Ayam jago ( ayam aduan ) 2 hari sekali atau seminggu sekali minimalnya. Tujuannya agar  bulu ayam anda lebih terawat. Faktor bulu sangat berpengaruh dalam pertarungan Ayam jago ( ayam aduan ) anda. Ayam yang lebih terawat akan terlihat lebih mengembang bulu nya ketika bertarung. Ini akan memberikan serangan mental pada ayam jago ( ayam aduan ) lawan. Selain itu dengan dimandikan ayam akan merasa segar dan lebih sulit terserang penyakit.

Sekian artikel kami kali ini semoga dapat berguna bagi yang membutuhkan.


Point Penting Lainnya :

No comments:

Post a Comment