Adu Ayam Jago Jagung adalah salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat yang sangat baik. Buah jagung merupakan bahan pangan pokok manusia yang ketiga setelah gandum dan beras.

Bukan hanya pada manusia, jagung juga sudah menjadi komponen penting pakan ternak ataupun aduan. Banyak manfaat - manfaat yang dapat di rasakan oleh hewan ternak dengan mengkonsumsi jagung.
Mari kita simak artikel kali ini mengenai Manfaat Jagung Sebagai Pakan Ayam Aduan.

Adu Ayam Jago ~ Gizi Yang Terdapat Pada Jagung

kandungan Gizi dari 100 Gram jagung adalah sebagai berikut :
Manfaat Jagung
  • Kalori : 355 Kalori
  • Protein : 9,2 gr
  • Lemak : 3,9 gr
  • Karbohidrat : 73,7 gr
  • Kalsium : 10 mg
  • Fosfor : 256 mg
  • Besi : 2,4 mg
  • Vitamin A : 510 SI
  • Vitamin B1 : 0,38 mg
  • Air : 12 gr

Adu Ayam JagoManfaat Jagung Untuk Ayam Aduan Anda

Berikut manfaat jagung untuk ayam terutama bagi ayam aduan :
1. Untuk Mencegah Bulu Cepat Rontok
Minyak jagung dapat menghasilkan banyak asam lemak dan nutrisi seperti vitamin E. Dengan demikian, minyak jagung dapat membantu untuk menjaga folikel bulu ayam tetap terhidrasi, bergizi baik, dan mencegah penuaan bulu dini.

Antioksidan mencegah kerusakan sel dengan mengatasi radikal bebas. Oleh karena itu, minyak jagung efektif dalam mengatasi bulu rontok karena radikal bebas. Jagung mengandung vitamin K yang membantu dalam penyerapan kalsium, sehingga mencegah bulu rontok.
2. Memperkokoh Tulang Ayam aduan
Tulang atau yang tepatnya kita sebut rangka berfungsi sebagai Penguat dan Penegak tubuh. Jika rangka yang tidak rapuh pada ayam aduan akan dapat di pastikan sang ayam tidak dapat posisi menyerang ( kuda - kuda ) dengan baik.

Selain itu Tulang atau rangka berfungsi untuk melindungi bagian yang rawan dalam tubuh. Jika tidak memiliki tulang yang kuat kan menyebabkan ayam aduan gampang di robohkan lawan.Jagung mengandung nutrisi antara lain magnesium, besi, tembaga, dan fosfor. Berbagai nutrisi tersebut dapat menutrisi tulang untuk lebih kuat dan kokoh.
3. Pertumbuhan Yang Baik Dan Optimal
Selain menggunakan manfaat Jagung dari karbohidrat , jagung juga memiliki manfaat dari Lemak dan Proteinnya. Lemak dan Protein dari jagung termasuk cukup tinggi, sehingga dapat membantu tumbuh kembang ayam dengan baik dan sempurna.

Ayam aduan yang baik adalah ayam aduan yang memiliki postur tubuh yang besar optimal. Jika kekurangan asupan Protein dan Lemak, maka ayam aduan anda dipastikan tidak dapat bertumbuh dengan baik dan optimal.

Jagung walau pun tingkat karbohidratnya dibawah beras namun memiliki tingakat protein yang jauh lebih tinggi di bandingankan dengan beras sehingga dapat di katakan untuk perkembangan ayam aduan jagung adalah pakan yang terbaik
4. Sebagai Cadangan Energi
Jagung merupakan salah satu pakan ayam yang mengandung karbohidrat dalam jumlah yang banyak. Jagung cocok untuk ayam laga karena mereka membutuhkan asupan karbohidrat yang banyak untuk mengoptimalkan kinerja latihan maupun saat bertarung.

Seperti yang di jelaskan pada poin no 3, Jagung Memiliki Lemak dan Protein yang cukup tinggi. Akan tetapi karbohidrat saja tidak cukup untuk memdapatkan energi yang cukup dalam laga ayam ( sabung ayam ). Karena itu lah di butuhkan asupan lemak ini.

Sejalan dengan pertandingan berlangsung lemak dalam tubuh ayam akan di bakar dan menghasilkan energi dan menggantikan energi yang hilang.

Point Penting Lainnya :

No comments:

Post a Comment