Adu Ayam Jago - Ayam birma atau yang disebut dengan ayam pama merupakan salah satu jenis ayam aduan yang sangat populer didunia. Jenis ayam birma merupakan ayam yang berasal dari Negara Myanmar. Ia memiliki kelebihan yang sangat unik saat sabung ayam (laga ayam).

Trah Ayam Birma juga sudah sangat populer di Nusantara. Kelebihan yang dimiliki oleh ayam aduan yang satu ini merupakan penyebabnya. Gaya bertarung yang sangat memperhatikan jarak antar lawan dan dirinya ini membuktikan bahwa ayam ini sangat cerdas.

Ketika lawan melancarkan serangan, ayam Birma dapat mendahului lawannya dalam memukul. Instingnya yang tajam disertai dengan gerakan yang sangat dinamis membuatnya lihai menghindari serangan lawan.

Ras ayam birma mulai diminati di indonesia sejak awal-awal tahun 2011. Harga pasaran ayam birma waktu itu dapat mencapai puluhan juta rupiah. Dari struktur fisik dan tulangan di bandingkan dengan ayam bangkok, ayam birma asli jauh lebih kecil. Beberapa pesabung ayam (bebotoh) percaya bahwa ukuranya mirip dengan ayam kampung.

Adu Ayam Jago - Ciri - Ciri Fisik Ayam Birma Asli

Berikut ciri - ciri fisik ayam birma :
  • Dari segi postur hampir mirip sekali dengan ayam kampung biasa.
  • Berat badan ayam ini sendiri biasanya kurang dari 3kg.
  • Jari kakinya kecil kering dan panjang.
  • Tulangan ayam ini relative kecil dan agak tipis.
  • Jenis bulu ayam birma ini sendiri biasanya memiliki warna campuran seperti merah, abu-abu, serta widu.
  • Gaya bertarung dari ayam ini pranggal, gaya menghindar saat sabung ayam (adu ayam) biasanya dengan ngolong, mutar-mutar, serta jaga jarak.

Adu Ayam Jago - Telur Ayam Birma Asli

Dikalangan masyarakat biasa, ayam ini justru dikenal karena warna telurnya yang berbeda yaitu berwarna hijau. Tetapi, tidak semua ayam birma memiliki telur berwarna hijau. Hanya ayam birma asli (bukan silang)  yang dapat menghasilkan telur berwarna hijau.

ayam birma asli

Adu Ayam Jago - Kekurangan Ayam Birma

Ras Ayam Birma mempunyai tulang yang tipis sehingga saat sabung ayam (adu ayam) dengan waktu yang lama biasanya ayam ini akan lari. Menurut sumber ini karena kekurangan stamina serta banyaknya serang dari lawan yang menghantam tubuhnya. Tulang yang tipis membuatnya kurang tahan pukul dibanding ayam lain.
Sekian artikel kita Mengenai Kelebihan Dan Ciri - Ciri Ayam Birma Asli. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda serta dapat menjadikan ayam ini sebagi refferensi jagoian anda.


Point Penting Lainnya :

No comments:

Post a Comment