Adu Ayam Jago -  Kedelai dikenal dengan berbagai nama di Indonesia. Nama lainnya yaitu kedele, kacang ramang, kacang bulu, kacang gimbol, retak mejong, kaceng bulu, kacang jepun, dekenana, demekun, dele, kadele, kadang jepun, lebui bawak, lawui, sarupapa tiak, dole, kadule, puwe mon, kacang kuning (Sumatera bagian utara) dan gadelei. Berbagai nama ini menunjukkan bahwa kedelai telah lama dikenal di Indonesia.

Adu Ayam Jago - Mengenal Kacang Kedelai

Kacang kedelai merupakan sumber utama protein nabati dan minyak nabati dunia. Berdasarkan peninggalan arkeologi, tanaman ini telah dibudidayakan sejak 3500 tahun yang lalu di daerah Asia timur subtropik seperti Cina dan Jepang.

Namun sekarang penghasil kedelai utama dunia adalah Negara Amerika Serikat meskipun kedelai praktis baru dibudidayakan masyarakat di luar Asia setelah tahun 1910.

Kedelai merupakan tumbuhan serbaguna karena akarnya memiliki bintil pengikat nitrogen bebas, kedelai juga merupakan tanaman dengan kadar protein tinggi. Tak jarang juga tanaman ini digunakan sebagai pupuk hijau dan bahan pakan, Contohnya Bungkil kedelai.

Adu Ayam Jago - Kandungan Yang Terdapat Pada Bungkil Kedelai

Bungkil kedelai merupakan ampas atau sisa - sisa dari kedelai yang sudah di olah dan diambil minyaknya. Cara pembuatan Bungkil kedelai yaitu melalui beberapa tahapan seperti pengambilan lemak, pemanasan, dan penggilingan.
Bungkil kedelai merupakan surnber protein yang baik bagi makluk hidup terutama ayam aduan. Oleh karena itu banyak Manfaat Bungkil Kedelai jika dipergunakan sebagai pakan ayam aduan anda.
Kandungan protein bungkil kedelai sekitar 44-51% dan merupakan sumber protein yang amat besar. Belum lagi keseimbangan asam amino yang terkandung didalamnya cukup lengkap dan tinggi. Bungkil kedelai yang baik mengandung air tidak lebih dari 12%.
Asam amino yang terkandung dalam protein bungki kedelai adalah metionin dan sistein. Zat asam ini adalah asam amino yang biasanya ditambahkan pada pakan dan dicampur dengan jagung. Selaim itu bungkil kedelai memiliki kandungan lisin dan triptofan yang tinggi sehingga dapat melengkapi defisiensi pada protein jagung dan memberikan kebutuhan asam amino esensial bagi temak.
Bungkil kedelai juga mengandung zat antinutrisi seperti tripsin inhibitor yang dapat mengganggu pertumbuhan unggas. Namun zat antinutrisi tersebut akan rusak oleh pemanasan sehingga aman dapat digunakan sebagai pakan unggas.

Adu Ayam Jago - Manfaat Bungkil Kedelai Untuk Ayam Aduan

Manfaat Bungkil kedelai untuk ayam aduan adalah sebagai berikut :
  • Protein pada bungkil kedelai Membantu Perkembangan Masa Otot  ayam aduan setelah lelah melakukan latihan fisik yang berat.
  • Protein pada bungkil kedelai Membantu Pemeliharaan Jaringan Tubuh ayam aduan sehingga luka cepat sembuh.
  • Kandunan Protein pada bungkil kedelai Membantu Memelihara Kekebalan Terhadap Penyakit.
  • Asam amino Membantu Perkembagan Tulang  ayam aduan yang baik seperti bentuk , ketebalan, kekuatan dan panjang tulang tumbuh secara optimal.
  • Harga Lebih Ekonomis  jika dibandingkan dengan pakan ayam aduan lain.
Sekian Informasi kami tentang Manfaat Bungkil Kedelai Untuk ayam aduan Semoga dapat menghibur anda.

Point Penting Lainnya :

No comments:

Post a Comment